detik

Jakarta – Berawal dari kecintaannya akan dunia pendidikan, Muhamad Iman Usman dan rekannya, Adamas Belva Syah Devara, menggagas ide untuk memberi ruang bagi mereka yang peduli pendidikan dengan mereka yang butuh pendidikan.

Berawal dari April 2014, situs ruangguru.com dirilis ke publik pertama kali pada versi beta, startup pendidikan berbasis teknologi ini kian berkembang dengan berbagai layanan pendidikan lewat sistem online.

Fasilitas pendidikan yang ada di ruangguru.com meliputi penyediaan guru privat, tes online, try out online, hingga konsultasi masalah pelajaran secaraonline. Fasilitas yang ditawarkan dalam portal buatan anak bangsa sebagian besar disajikan secara gratis seperti tes online di mana siswa dari SD hingga SMA dapat latihan soal terkait pelajaran terkini di situs ruangguru.com.

Ruangguru.com juga menawarkan layanan guru privat yang dapat dipilih dan dipanggil ke rumah di mana pun tempat tinggal anda. Sedikitnya sudah ada 45.000 guru yang tergabung di ruangguru.com yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Mereka yang ingin mendapatkan layanan pembelajaran lewat ruangguru.com dapat memilih ribuan guru di situs dengan berbagai latar belakang pendidikan. Biaya guru privat lewat ruangguru.com pun beragam, yang umumnya dipatok di bawah Rp 100.000 per jamnya.

Ide awal pria kelahiran Padang 24 tahun silam ini, berawal dari kegelisahannya akan fasilitas pendidikan yang tidak merata di Indonesia, sehingga Iman dan satu rekannya Adamas Belva membuat startuppendidikan berbasis online. Iman dan Adamas kemudian tergerak untuk membantu mereka yang membutuhkan akses pendidikan lewat teknologi informasi.

“Masalah yang paling pressing di Indonesia salah satunya pendidikan, tapi kalau ditanya mau terlibat nggakdi dunia pendidikan mau doing something nggak buat pendidikan orang akan berpikir berulang kali. Karena mungkin selama ini kalau mau terlibat dalam pendidikan harus jadi guru. Kita akhirnya berpikir lewat apa kita bisa menyelesaikan masalah ini, lewat teknologi akhirnya kita buat,” jelas Co-Founder dan CPO Ruang Guru, Muhamad Iman Usman, saat acara Google for Indonesia di Ballroom Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Lewat ruangguru.com, para murid bisa berlatih soal yang terkait dengan pelajaran sehari-hari di sekolah. Tim ruangguru.com juga menyeleksi seluruh konten latihan soal yang didapatkan dari berbagai sumber. Pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Kementerian Pendidikan untuk menyediakan bahan ajar yang layak kepada siswa-siswi di Indonesia.

Para orang tua dan murid juga dapat memilih guru privat yang dapat diundang ke rumah. Berbagai latar belakang pendidikan guru privat ditawarkan oleh ruangguru.com dari berbagai universitas di Indonesia hingga luar negeri.

“Kami melihat salah satu masalah utama dalam dunia pendidikan adalah akses pengajaran berkualitas dan konten berkualitas. Akses itu isunya apakah memang tidak tersedia sama orang nggak bisa nemu begitu. Di ruang guru kemudian mereka bisa nyari, apakah guru yang bagus, konten yang bagus, latihan pembelajaran yang bagus itu semua ada,” tambah Iman.

Iman dan Adamas memulai bisnis startup ruangguru.com dengan modal ratusan juta. Iman tidak ingin merinci berapa besaran modal awal yang ia keluarkan bersama seorang temannya untuk memulai startupyang kini mampu memfasilitasi 45.000 guru dan muridnya secara online.

“Kami mulai waktu itu sih modalnya ratusan juta ya. Ada lah kita waktu itu patungan,” jelas Iman.

Dalam menjalankan bisinisnya, Iman mengaku, saat ini dirinya tengah fokus mengembangkan startup yang ia bangun bersama seorang temannya. Skema bisnis yang dipakai oleh ruangguru.com dengan cara bagi hasil dengan para guru privat di seluruh Indonesia dengan porsi 20% untuk ruangguru.com dan 80% untuk sang guru yang mendedikasikan waktunya untuk memberikan pemahaman kepada anak Indonesia.

Dirinya juga menambahkan, ada beberapa guru privat yang tergabung di ruangguru.com yang mampu mengantongi uang hingga Rp 10 juta per bulannya dengan mengajar secara paruh waktu.

“Guru privat ambil 20% commission fee dari transaksi misalnya Rp 1 juta (paket 10 jam) kami ambil Rp 200.000, Rp 800.000 ke guru. Rata-rata Rp 100.000 per jam jadi kalau 10 jam Rp 1 juta. Di kita guru bisa dapat penghasilan lebih. Kalau guru-guru populer sebulan bisa dapat Rp 10 juta part time bahkan bukan full time,” kata Iman.

Sudah berjalan selama lebih dari 2 tahun, startup ruangguru.com yang dibangun oleh dua anak muda Indonesia ini juga mendapatkan pendanaan dari investor asing. Saat ini, tercatat ada pendanaan eksternal dari East Ventures dan Venturra Capital di tahun 2015 silam.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh ruangguru.com juga membuat dua pendirinya berangkat ke markas utama Google di Mountain View, California, Amerika Serikat untuk dibina selama dua minggu. Dalam kesempatan yang langka ini juga ada 5 pendiri startup lainnya yang diterbangkan ke markas Google untuk dibantu bagaimana mengembangkan startup ke aplikasi kelas dunia.

Iman dan seorang rekannya juga mendapatkan pendanaan dari Google sebesar US$ 50.000 dan akan mendapatkan mentoring selama 6 bulan sekembalinya dari AS. Ruangguru.com dan 5 startup lainnya merupakan angkatan ke-2 program Launchpad Accelerator yang difasilitasi oleh Google.

Adapun 6 startup yang merupakan angkatan ke-2 program Launchpad Accelerator, antara lain:

  • Hijup
  • Talenta
  • Jarvis Store
  • Ruangguru.com
  • IDN Media
  • Codashop

LEAVE A REPLY